PPs Rebut Juara 1 dan 3 Lomba Bulu Tangkis Antar Unit di UNY

Minggu, 7/4/2013, menjadi hari yang bersejarah bagi keluarga besar PPs UNY.  Untuk pertama kalinya, Program Pascasarjana UNY menyabet gelar bergengsi, Juara 1 untuk kategori A dan Juara 3 untuk kategori B pada Lomba Bulu Tangkis Ganda Putra Beregu Antar Unit di lingkungan Universitas Negeri Yogyakarta pada Sabtu (6/4/2013) dan Minggu (7/4/2013).

Pada ajang tersebut PPs UNY menurunkan 3 tim, Pascasarjana 1, Pascasarjana 2, dan Pascasarjana 3. Tim Pascasarjana 1 diwakili oleh pasangan Indra-Azis, Endang-Afif, dan Salman-Warsito. Tim Pascasarjana 2 diwakili oleh Deddy-Galih, Aprida-Asep, dan Tou-Purwoko. Tim Pascasarjana 3 diwakili oleh pasangan Sudar-Waluyo, Aditya-Rindawan, dan Wakidi-Suyatin.

Tim Pascasarjana 1 turun di kategori A sedangkan Tim Pasasarjana 2 dan 3 turun di kategori B. Tim Pascasarjana 1 tanpa kesulitan lolos ke babak semi final setelah mengatasi perlawananan tim Rektorat dan tim FIP dengan agregat 2-1 dan 2-0. Tim Pascasarjana 2 tidak mau ketinggalan, mereka juga lolos ke semi final setelah mengandaskan perlawanan tim FIP dan FT dengan agregat 2-1 dan 2-0. Pun begitu, tidak dengan Tim Pascasarjana 3. Perjuangan mereka terhenti di babak penyisihan dari Tim FIK UNY dengan agregat 1-2.

Di babak semi final, keberuntungan kurang berpihak pada Tim Pascasarjana 2. Meskipun menampilkan permainan yang ulet, mereka akhirnya kandas oleh Tim FBS UNY, dengan skor agregat 2-1. Kekalahan ini menempatkan Tim Pascasarjana 2 pada juara 3 bersama dengan Tim FT UNY. Laju kurang memuaskan Tim Pascasarjana 2 tidak diikuti Tim Pascasarjana 1. Lagi-lagi tim Pascasarjana 1 tanpa kesulitan mengatasi Tim FMIPA UNY untuk melaju ke babak Final.

Di babak final, Tim Pascasarjana 1 harus bertemu dengan juara bertahan, FIK UNY. Pasangan pertama Pascasarjana 1 Endang-Afif  sukses mengatasi perlawanan pasangan pertama FIK UNY. Unggul di partai pertama, menjadi penambah semangat pasangan kedua Pascasarjana 1, Indra-Azis. Sempat terjadi kejar mengejar angka, pasangan Indra-Azis akhirnya mampu menuntaskan partai kedua dengan sebuah kemenangan yang mengantar Tim Pascasarjana 1 menjuarai Turnamen Bulu Tangkis antar unit di UNY sekaligus memupuskan harapan tim FIK UNY untuk mempertahankan gelarnya.

Selamat untuk Pascasarjana….

(Anggit P.)