You are here

PRODI ILMU KEOLAHRAGAAN STUDI BANDING KE UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Sampai saat ini Bali masih menjadi “magnet” bagi wisatawan di seluruh dunia. Keindahan alam, keragaman adat, tradisi, seni dan budayanya menjadi aset penting bagi para wisatawan, terlebih sekarang pengembangan Sport Tourism di Bali memiliki kemajuan yang sangat pesat se-Indonesia. “Kami sedang fokus dan menggarap pengembangan sport tourism karena adanya potensi yang menjanjikan. Sementara ini sport tourism masih banyak digarap oleh teman-teman di bidang pariwisata. Kita belum mempunyai peran yang signifikan, maka dari itu akan mulai kita garap. Studi laboratorium tahun 2017 berfokus pada Sport Tourism dan mejadikan Bali sebagai rujukan studi banding.” Ujar Ali Miftahul Ash-Shiddiqy sebagai Ketua Pelaksana. Hal ini pun disambut baik oleh Ketua Prodi S-2 Ilmu Keolahragaan Program Pascasarjana UNY Prof. Dr. Suharjana, M.Kes. serta Prof. Dr. Tomoliyus, M.S., Dr. Widiyanto, M.Kes. selaku dosen pendamping.

Kegiatan ini terselenggara pada 13-17 November 2017 yang diikuti oleh mahasiswa Ilmu Keolahragaan Program Pascasarjana UNY angkatan 2016 kelas A, B, C, dan D.  Kami menyimpan ambisi besar agar kedepan lebih bisa berperan dalam pengembangan Sport Tourism sebagai salah satu ladang yang bisa digarap. Setelah lulus kami akan kembali ke daerah masing-masing karena setiap daerah memiliki potensi tersendiri. PR kami adalah menganalisis semua itu.” imbuh Ali. Prof. Dr. Suharjana, M.Kes menyampikan kegiatan ini untuk membandingkan model pengelolaan sport tourism di tempat lain, dan menambah cakrawala berfikir.

Universitas Pendidikan Ganesha sebagai tuan rumah sudah memiliki program studi Kepelatihan Olahraga Pariwisata, dengan luaran sebagai instruktur olahraga pariwisata, manager olahraga pariwisata, dan pramuwisata olahraga. Maka Program Studi Kepelatihan Olahraga layak dijadikan partner diskusi kunjungan kami di Bali sebagai salah satu sumber informasi yang kami dapatkan. Kami juga berdiskusi langsung dengan pelaku pengelola pariwisata dibeberapa destinasi dengan didampingi guide resmi dari Dinas Pariwisata Bali. Harapan dari kegitan ini mampu menambah integritas, nilai dan pengetahuan dalam bidang pengembangan sport tourism. Kami lebih peka dan mampu menganalisis perkembangan dan kemajuan baik ilmu dan teknologi dalam bidang sport tourism, serta mampu mengikuti daya saing dalam pengembangan sport toruism. Ujar Suharjana.