You are here

UNY IKUT ANDIL DALAM 3RD ISET DI UNNES SEMARANG

Universitas Negeri Semarang (Unnes) telah menyelenggarakan ISET (International Seminar on Education and Technology) pada Rabu, 24 Mei 2017. Seminar ini merupakan sebuah konferensi kolaboratif program pascasarjana dan forum kolaborasi ilmiah yang diselenggarakan oleh Program Pascasarjana Unnes untuk merayakan Dies Natalis ke-52.

Dalam penyelenggaraannya Unnes bekerjasama dengan 7 (tujuh) LPTK seperti Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Medan, Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas PGRI Semarang, Universitas Muhammadyah Semarang, dan Universitas Kristen Satya Wacana. Melalui forum ini diharapkan dapat memberikan percepatan inovasi teknologi yang berpotensi mempercepat kemajuan industri dan ekonomi, memecahkan krisis multidimensi, dan merevolusi dunia pendidikan di Indonesia.

Forum internasional ini menampilkan Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum. (Rektor Unnes) sebagai keynote speaker. Selanjutnya sebegai invited speakers antara lain Jonan Donaldson, Ph.D. dari Drexel University USA, Prof. Dr. Che-Hua Yang dari NTUT Taiwan, Assoc. Prof. Prasong Tanpuchai dari Kasetsart Thailand, dan Dr. Nor Fadhilah Mohd. Amin dari UTM Malasysia. Selain itu, hadir pula sebagai pembicara tamu yang merupakan Rektor ataupun Direktur PPs dari ketujuh LPTK tersebut, termasuk Dr. Moch. Bruri Triyono, selaku Direktur PPs UNY.

Seminar ini digelar dengan mengangkat tema Global Education through Network Learning dengan sub tema Elearning Issued, Culture Education, Character Education on Digital Era, Nurturing Culture,  Current Educational Research and Technology, Technopreneurship, dan Technology on Physical Environment and Public Health. Terdapat 141 makalah yang masuk dan disetujui panitia untuk dipresentasikan, yang merata dari seluruh Indonesia mulai dari Aceh hingga Maluku Utara.

Seminar ini dipusatkan Auditorium Unnes Sekaran, lalu peserta dari masing-masing LPTK dapat mengikuti secara online dan interaktif melalui video conference yang dilakukan via layanan gratis dari Google yaitu Hangouts. Program Pascasarjana UNY sebagai salah satu peserta pendukung tak mau ketinggalan mengikuti forum ini dari awal hingga akhir. Bertempat di Aula PPs UNY, sejumlah 30 peserta baik dari mahasiswa maupun dosen antusias menyimak paparan dari para pembicara.

Selanjutnya, setelah peserta menyimak presentasi dari masing-masing pembicara, tibalah giliran peserta yang lolos hasil penelitiannya untuk dipaparkan dalam sesi paralel. Untuk node UNY terdapat 3 makalah yang dipresentasikan, antara lain Examining Relationship between Internal and External Test Results Average and Impectus to Prediction :Sholastic Year 2014/2015 and 2015/2016 oleh Martin Iryayo dan Devi Anggriyani dari prodi PEP, Character Building in The Perspective of Guidance and Counseling Service oleh Sovi Navisah dan Fani Rahmasari dari UPI Bandung. Makalah terakhir adalah Physical Education Through Traditional Games Based on Neurosains Learning for Behavior Emotional and Social Discorders oleh Erick Burhaein dari prodi IK. (Rubiman).

 

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id