GANDA PUTRA BERI GELAR KEDUA BAGI PROGRAM PASCASARJANA DI PORMA UNY 2017 CABOR BULU TANGKIS

Selain kejuaraan beregu, Cabor bulu tangkis Pekan olah raga mahasiswa UNY 2017 juga mengadakan kejuaraan ganda putera. Kejuaraan ganda putera ini diikuti oleh 24 pasangan yang mewakili dari seluruh fakultas. Program pascasarjana turut mengutus 5 pasangan ganda putera dalam kejuaraan ini.

Pasangan ganda putera yang menjadi wakil Program pascasarjana adalah Mulyadi (Ilmu Keolahragaan)/Said Syaifullah (Pend. Geografi), Danang Isworo Wijayanto (Ilmu Keolahragaan)/M. Junaidin Muhdar (Ilmu Keolahragaan), Yayan Ari Subangkit (Pendidikan Dasar)/Ahmad Sidiq (Pend. Biologi), Hendra Jaya (Ilmu Keolahragaan)/Wahyu Dedy Hermawan (Ilmu Keolahragaan), dan Dedi Ari Nugroho (PPKn)/Kurniawan (Ilmu Keolahragaan).

Putaran pertama yang dilaksanakan pada hari Jum’at 5 Mei 2017 di Hall bulu tangkis UNY berjalan dengan sangat baik untuk tim ganda putera PPs. Pasalnya, 5 ganda putera PPs, semua lolos ke putaran 2. Pasangan ganda putera PPs, Danang/Junaidin yang bermain di Land 1 mengalahkan pasangan ganda putera perwakilan FE, Dany/Oktavio. Danang/Junaidin menang mudah dengan 2 game langsung dengan skor 21-4 dan 21-15. Sementara itu, di Land 3 pasangan ganda putera lainnya, Hendra/Wahyu menang dramatis melawan perwakilan FE lainnya, Dewanda/Khalid. Hendra/Wahyu menang setelah melewati 3 game dengan skor 21-17, 15-21, dan 21-17. Bermain di Land 4, pasangan ganda putera PPs Yayan/Sidiq berhasil mengalahkan pasangan ganda putera perwakilan FBS, Amin/Bondan. Yayan/Sidiq  menang mudah 2 game langsung dengan skor 21-16 dan 21-17.  Ganda putera PPs selanjutnya adalah pasangan Said/Mulyadi yang berhasil mengalahkan pasangan ganda putera perwakilan FIS, Bheny/yahya. Said/mulyadi menang 2 game langsung dengan skor 21-18 dan 21-12. Sedangkan ganda putera PPs lainnya, Dedi/Kurniawan lolos ke putaran kedua setelah mendapatkan keuntungan Bye game.

Putaran kedua didominasi oleh para pasangan ganda putera perwakilan PPs dan FIK. Pertandingan pertama dimulai dari pertandingan Danang/Junaidin (PPs) yang langsung bertemu dengan unggulan pertama, yaitu pasangan Irfan/Yohanes (FIK). Pasangan ganda putera PPs, Danang/Junaidin berhasil mengalahkan unggulan pertama tersebut 2 game langsung dengan skor 21-12 dan 22-20. Pada pertandingan lainnya, pasangan Mulyadi/Said (PPs) bertemu dengan pasangan Arya/Paulus (FIK). Mulyadi/Said harus mengakui keunggulan ganda FIK, mereka kalah 2 game langsung dengan skor 15-21 dan 13-21. Sementara itu, pasangan Hendra/Wahyu (PPs) dinyatakan kalah terhadap pasangan Noviandi/Dharma (FIK) karena Hendra/Wahyu mengundurkan diri. Sedangkan 2 pasangan ganda putera PPs lainnya harus saling berhadapan dalam laga derby PPs, Yayan/Said (PPs) berhadapan dengan Dedi/Kurniawan (PPs). Pertandingan dimenangkan oleh Dedi/Kurniawan dengan skor 21-18 dan 21-8. Dengan hasil tersebut, 2 pasangan ganda putera PPs, Danang/Junaidin dan Dedi/Kurniawan lolos ke semi-final kejuaraan ganda putera pekan olah raga mahasiswa UNY 2017 cabor bulu tangkis.

Babak semi-final mempertemukan derby PPs, Danang/Junaidin berhadapan dengan Dedi/Kurniawan dan derby FIK, Badro/Erza berhadapan dengan Arya/Julfikar. Derby PPs dimenangkan oleh Danang/Junaidin, sedangkan derby FIK dimenangkan oleh pasangan Badro/Erza. Sehingga, partai final mempertemukan pasangan ganda putera PPs, Danang/Junaidin berhadapan dengan pasangan ganda putera FIK, Badro/Erza.

Partai final kejuaraan ganda putera bulutangkis pekan olah raga mahasiswa UNY 2017 dilaksanakan pada sabtu 6 Mei 2017 di Hall bulu tangkis Land 1. Pasangan Danang/Junaidin (PPs) harus kalah secara dramatis dari pasangan Badro/Erza (FIK) setelah bermain 3 game. Danang/Junaidin kalah dengan skor 26-24, 16-21, dan 16-21. Program Pascasarjana harus puas sebagai Runner-up dalam kejuaraan ganda putera bulutangkis Porma UNY 2017. Dengan demikian, pasangan ganda putera Program Pascascasarjana melengkapi raihan prestasi tim PPs dalam kejuaraan beregu bulu tangkis Porma UNY 2017 sebagai Runner-up.
.