MALAM KEAKRABAN MAHASISWA S2 ILMU KEOLAHRAGAAN ANGKATAN 2018

Program studi Ilmu Keolahragaan angkatan 2018 telah melaksanakan kegiatan malam keakraban pada Jumat, 14 Desember 2018 sampai Sabtu, 15 Desember 2018. Kegiatan ini diinisiasi oleh mahasiswa prodi Ilmu Keolahragaan 2018 yang bertujuan untuk saling mengenal satu sama lain antar mahasiswa satu angkatan. Direncanakan selama kurang dari 2 bulan, beberapa perwakilan yang melibatkan perwakilan dari setiap kelas mahasiswa Ilmu Keolahragaan 2018 menyusun rencana kegiatan yang kemudian akan dilaksanakan di villa hawila di Kaliurang kilometer 25. Mahasiswa Ilmu Keolahragaan 2018 sendiri berjumlah sekitar 80 mahasiswa, namun ada beberapa mahasiswa yang tidak aktif sehingga jumlah mahasiswa kurang dadi 80. Acara ini dihadiri oleh 40an mahasiswa atau hanya setengah dari jumlah keseluruhan, hal ini dikarenakan ada kesibukan masing-masing yang berbeda mulai dari pelatnas, tes CPNS dan lain-lain. Selain itu, kami juga mengundang ketua prodi S2 Ilmu Keolahragaan Prof. Dr. Suharjana, M.Kes. yang diwakilkan oleh Dr. Widiyanto, M.Kes. Kegiatan ini mengusung visi misi untuk merekatkan tali persaudaraan antar mahasiswa dengan saling mengenal, karena dirasa bahwa mahasiswa jenjang magister ini memiliki kesibukan masing-masing baik di bidang akademik maupun non akademik dan plotting kelas yang akhirnya membuat lingkar pertemanan seakan-akan terdikotomikan.

Pemberangkatan dilaksanakan pada hari Jumat 14 Desember 2018 dengan titik kumpul di depan gedung Rektorat Universitas Negeri Yogyakarta, pukul 08.00 WIB kemudian berangkat pada pukul 09.00 WIB setelah diawali dengan berdoa bersama. Setelah melaksanakan Sholat Jumat di masjid sekitar lokasi, kemudian dilanjutkan menuju Villa Hawila untuk mempersiapkan tempat dan semua perlengkapan yang akan digunakan selama kegiatan. Mengusung konsep "one for all, all for one", segala urusan mulai dari persewaan tempat, persewaan sarana prasarana, hingga penyusunan rundown acara dilakukan sendiri oleh mahasiswa dan untuk mahasiswa. Selain itu, semua jenis akomodasi bersifat kolektif dana iuran dari peserta.

Setelah persiapan sudah selesai, kemudian dilanjutkan dengan makan bersama makanan khas Palembang dan khas Jogja yang dibawa oleh salah satu peserta. Makan bersama disertai dengan sharing kecil dan ramah tamah dengan Dr. Widiyanto, M.Kes. mulai dari pengenalan masing-masing mahasiswa dengan Dr. Widiyanto, M.Kes. Menjelang Sholat Asar, kegiatan dilanjutkan dengan pembukaan secara resmi dan talkshow oleh Dr. Widiyanto, M.Kes. Materi yang disampaikan adalah mengenai alur-alur pengajuan tugas akhir hingga penyusunan jurnal dan motivasi-motivasi yang disampaikan dengan suasana santai dan semi-formal. Selain itu, Dr. Widiyanto, M.Kes. menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan ini dan berharap supaya kegitan seperti ini dapat memperluas jaringan dan menambah wawasan antar mahasiswa diluar kegiatan akademik. Beliau juga menyampaikan supaya di kemudian hari kegiatan seperti ini menjadi kegiatan rutin dengan tujuan untuk mempererat tali silaturahim.

Berlanjut sebelum memasuki Sholat Magrib, acara perkenalan antar mahasiswa dengan konsep permainan turut meramaikan suasana akrab di sore hari. Setelah itu peserta melakukan pembersihan diri dan bersiap untuk kegiatan di malam hari yaitu penampilan antar kelompok. Tepat setelah makan sore dan Sholat Isya, kegiatan pentas seni turut meramaikan dinginnya malam dengan menampilkan beberapa bakat dari peserta secara berkelompok. Suasana hangat terjalin di tengah-tengah dinginnya malam Kaliurang yang dibalut dengan hujan ringan. Kemudian acara yang paling ditunggu-tunggu pun datang, setelah hujan yang mulai mereda acara dilanjutkan di luar ruangan yaitu dengan api unggun dan barbecue. Semua peserta berkumpul melingkari api unggun dan memanggang beberapa makanan yang memang sudah dipersiapkan. Diantara hangatnya api di malam hari, peserta saling sharing mengenai keadaan olahraga di daerah masing-masing dan mempunyai gagasan untuk kegiatan selanjutnya seperti pelatihan penulisan jurnal dan tugas akhir seperti yang disampaikan oleh Dr. Widiyanto, M.Kes. sebelumnya. Dan acara pamungkas di hari sabtu, diawali dengan jalan sehat menyusuri pedesaan sekitar dilanjutkan dengan senam bersama dan outbound yang semakin memperakrab antar peserta.

Dari serangkaian acara tersebut, ikor 2018 berharap supaya acara ini bisa berlanjut dan memiliki manfaat yang besar bagi peserta dan bisa menjadi acara rutin dimana meskipun berkonsep keakraban namun tidak meninggalkan jiwa akademis yang dikemas dengan sharing semi-formal.