You are here
Kurikulum
Primary tabs
.
Program Studi Ilmu Keolahragaan
-
- Visi
Visi Program Studi S2 IK PPs UNY menjadi program studi magister ilmu keolahragaan yang unggul, kreatif, dan inovatif di kawasan Asia Tenggara berlandasakan ketakwaan, kemandirian, dan kecendekiaan pada tahun 2025
-
- Misi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang kreatif dan inovatif dalam suasana akademik yang reflektif dan transformatif untuk membangun ketakwaan, kemandirian, dan kecendikiawan
- Melaksanakan penelitian, pengkajian, dan pengembangan ilmu keolahragaan yang obyektif, inovatif, dan aplikatif;
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang keolahragaan berbasis penelitian sesuai dengan perkembangan teknologi yang memandirikan masyarakat untuk hidup aktif, sehat, dan berprestasi
- Menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga dalam dan luar negeri untuk mendukung pelaksanaan tridharma perguruan tinggi yang efektif dalam bidang ilmu keolahragaan.
-
- Profil Lulusan
Tenaga keolahragaan bidang keahlian olahraga kesehatan, pendidikan olahraga, dan kepelatihan olahraga.
-
- Capaian Pembelajaran
- Pengetahuan
- Menguasai teori dalam ilmu keolahragaan untuk berbagai keperluan guna mendalami dan mengembangkan olahraga secara umum.
- Menguasai teori pendidikan olahraga untuk mengembangkan konsep pendidikan anak melalui olahraga.
- Menguasai teori, konsep dan model belajar dan pembelajaran dalam pendidikan keolahragaan sebagai media membantu pertumbuhan dan perkembangan anak.
- Menguasai teori dan konsep pengembangan olahraga untuk tujuan kesehatan olahraga, pendidikan olahraga, dan kepelatihan olahraga.
- Menguasai teori dan konsep pengembangan program kesehatan olahraga, pendidikan olahraga, dan kepelatihan olahraga.
- Menguasai teori, konsep, dan model-model managemen dan analisis dalam keolahragaan.
- Menguasai teori dan konsep tentang evaluasi dan asesmen dalam bidang keolahragaan
- Menguasai teori, konsep, dan metodologi penelitian dalam olahraga untuk kesehatan olahraga, pendidikan olahraga, dan kepelatihan olahraga
- mampu mendisain program untuk rehabilitasi, kebugaran, aktivitas rekreasi
- mampu medisain model-model pembelajaran yang inovatif
- mampu mendisain program-program kepelatihan yang inovatif
- Ketrampilan Khusus
- Mampu menjalankan fungsi managerial dalam kegiatan olahraga dalam skala daerah, nasional maupun international.
- Mampu menganalisis hasil evaluasi belajar dan latihan olahraga
- Mampu memetakan, merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi penelitian dalam bidang keolahragaan melalui pendekatan inter- atau multi-disipliner.
- Mampu melakukan kajian terhadap kebijakan atau implementasi kebijakan di bidang olahraga melalui pendekatan inter- atau multi-disipliner; dan
- Mampu melakukan analisis, pendalaman, dan pengembangan teori, konsep, dan pendekatan pembelajaran dan latihan olahraga.
-
- Struktur Kurikulum
NO |
KODE |
MATA KULIAH |
SEM & SKS |
JUMLAH SKS |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
||||
I. MATA KULIAH PONDASI KEILMUAN |
|
|
|
|
|
||
1 |
PPS8201 |
Filsafat Ilmu |
2 |
|
|
|
7 |
2 |
PPS8202 |
Statistika |
2 |
|
|
|
|
3 |
PPS8303 |
Metodologi Penelitian |
3 |
|
|
|
|
|
Jumlah SKS Mata Kuliah Pondasi Keilmuan |
7 |
0 |
0 |
0 |
7 |
|
II. MATA KULIAH KEAHLIAN PROGRAM STUDI |
|
|
|
|
|
||
1 |
IKO8201 |
Fisiologi Olahraga |
2 |
|
|
|
25
|
2 |
IKO8202 |
Biomekanika Olahraga |
|
2 |
|
|
|
3 |
IKO8203 |
Psikologi Olahraga |
|
2 |
|
|
|
4 |
IKO8204 |
Kajian Ilmu Keolahragaan |
2 |
|
|
|
|
5 |
IKO8205 |
Perkembangan dan Pembelajaran Motorik |
2 |
|
|
|
|
6 |
IKO8206 |
Manajemen Olahraga |
|
2 |
|
|
|
7 |
IKO8207 |
Kajian Olahraga Kesehatan |
|
2 |
|
|
|
8 |
IKO8308 |
Proposal Tesis |
|
|
3 |
|
|
9 |
IKO8609 |
Tesis |
|
|
|
6 |
|
10 |
IKO8210 |
Penulisan Karya Ilmiah |
|
|
2 |
|
|
|
Jumlah SKS Mata Kuliah Program Studi Wajib |
6 |
8 |
5 |
6 |
25 |
|
III. MATA KULIAH PILIHAN KONSENTRASI |
|
|
|
|
|
||
|
Olahraga Kesehatan |
|
|
|
|
|
|
1 |
IKO8211 |
Analisis Kebugaran Jasmani |
|
2 |
|
|
8 |
2 |
IKO8212 |
Assessment olahraga Kebugaran |
|
2 |
|
|
|
3 |
IKO8213 |
Terapi dan Rehabilitasi Cedera Olahraga |
|
2 |
|
|
|
4 |
IKO8214 |
Terapi dan Rehabilitasi Penyakit Degeneratif |
|
2 |
|
|
|
Jumlah SKS Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi |
0 |
8 |
0 |
0 |
8 |
||
|
Pendidikan Olahraga Sekolah Dasar |
|
|
|
|
|
|
1 |
IKO8215 |
Pendidikan Jasmani Anak Usia Dini |
|
2 |
|
|
8 |
2 |
IKO8216 |
Analisis Materi Pembelajaran Penjas SD |
|
2 |
|
|
|
3 |
IKO8217 |
Perencanaan Pembelajaran Penjas SD |
|
2 |
|
|
|
4 |
IKO8218 |
Assesment Pembelajaran Penjas SD |
|
2 |
|
|
|
Jumlah SKS Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi |
0 |
8 |
0 |
0 |
8 |
||
|
Pendidikan Olahraga Sekolah Menengah |
|
|
|
|
|
|
1 |
IKO8219 |
Pendidikan Jasmani Sekolah Menengah |
|
2 |
|
|
8 |
2 |
IKO8220 |
Analisis Materi Pembelajaran Penjas Sekolah Menengah |
|
2 |
|
|
|
3 |
IKO8221 |
Perencanaan Pembelajaran Penjas Sekolah Menengah |
|
2 |
|
|
|
4 |
IKO8222 |
Assesment Pembelajaran Penjas Sekolah Menengah |
|
2 |
|
|
|
Jumlah SKS Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi |
0 |
8 |
0 |
0 |
8 |
||
|
Pendidikan Kepelatihan Olahraga |
|
|
|
|
|
|
1 |
IKO8223 |
Filosofi Kepelatihan Olahraga |
|
2 |
|
|
8 |
2 |
IKO8224 |
Metodologi dan Penyusunan Program Latihan |
|
2 |
|
|
|
3 |
IKO8225 |
Asesmen dan Analisis Performa Atlet |
|
2 |
|
|
|
4 |
IKO8226 |
Managemen Kepelatihan Olahraga |
|
2 |
|
|
|
Jumlah SKS Mata Kuliah Pilihan |
0 |
8 |
0 |
0 |
8 |
||
JUMLAH TOTAL SKS YANG DIAMBIL |
13 |
16 |
5 |
6 |
40 |
||
V. MATA KULIAH KEMAMPUAN KEAHLIAN TAMBAHAN**) |
|
|
|
|
|
||
Tidak wajib (Mahasiswa bisa mengambil kuliah di Prodi Lain sesuai dengan kebutuhan) |
|
|
|
|
2-4 |
||
V. Mata Kuliah Matrikulasi ***) |
|
|
|
|
|||
1 |
KIF 6302 |
Anatomi Manusia |
|
2 |
|
|
8 |
2 |
KIF 6203 |
Fisiologi Manusia |
2 |
|
|
|
|
3 |
KIF 6201 |
Sejarah dan Filsafat Olahraga |
2 |
|
|
|
|
4 |
KIP 6231 |
Tes, Penggukuran, dan Evaluasi Orkes |
2 |
|
|
|
|
|
|
Jumlah SKS Mata Kuliah Matrikukasi |
6 |
2 |
|
|
8 |
Keterangan :
**) = Mahasiswa bisa mengambil mata kuliah di Prodi Lain sesuai dengan kebutuhan
***) = Mata Kuliah Matrikulasi harus ditempuh oleh Mahasiswa yang berasal dari S1 Non-Olahraga.
Kontak FIK UNY
Copyright © 2024,